Berikan Bintangmu untuk blog ini !! Get 1 Million Hits, FREE!

Minggu, 24 April 2011

+ atau - Kode Sidebar WordPress (kode wordpress)

Software yang saya gunakan untuk mengedit sebuah template adalah Macromedia Dreamweaver MX 2004. Software ini bagi saya merupakan software webmaster terbaik, software ini telah mendukung berbagai bahasa pemprograman yang digunakan dalam membangun sebuah website. Anda bisa mencari informasi yang lebih lengkap tentang software ini di google. Ataupun anda bisa juga menggunakan Notepad++ yang dapat diunduh secara gratis di Internet. Notepad++ sangat mudah digunakan untuk anda yang masih baru mengenal perkodean.

Mari kita mulai bagaimana cara menambah kode pada sidebar.

  1. Buka file sidebar.php, disini saya menggunakan M.Dreamweaver. Maka akan muncul berbagai syntax kode seperti gambar dibawah.111 Menambah dan Menghapus Kode Sidebar WordPress
  2. Sebelumnya anda harus memahami tingkatan perkodean HTML, karena jika anda menambah maupun menghapus pada pada tempat yang salah, maka tampilan dari template anda pun akan berantakan. Lihat HTML dibawah ini:



    • Posisi Penambahan kode tag yang benar.



    Catatan:
    : sebagai layout,
      : sebagai posisi awal list,
    • : sebagai list. Dan selalu ditutup dengan slash (/).
    • Kebetulan pada sidebar yang saya gunakan, terdapat 3 tag yang digunakan. Yaitu Categories, Archives, dan Links. Saya ingin menambahkan tag cloud dibawah tag Links, maka saya tinggal menambahkan kode tag cloud dibawah kode tag Links dengan sedkit penambahan

    • .
      Untuk kode tag cloud :
      Bagian di block merupakan kode yang baru saja ditambah.

      333 Menambah dan Menghapus Kode Sidebar WordPress

    • Disini saya akan menghapus Links pada blog saya, maka saya akan menghapus bagian Links dari
    • sampai
    • pada Links.
      Bagian yang diblock merupakan kode yang akan dihapus.

      222 Menambah dan Menghapus Kode Sidebar WordPress

    • Tekan save (CTRL+S) setelah anda menambah dan menghapus syntax kode pada sidebar.php.

Tag yang kita gunakan diatas merupakan bagian dari pengembangan open source pada wordpress. Pembahasan dasar seperti ini mungkin akan sangat berguna untuk mempermudah memahami pembahasan open source selanjutnya. Selamat mencoba.