Berikan Bintangmu untuk blog ini !! Get 1 Million Hits, FREE!

Minggu, 24 April 2011

BLOG Lambat ? ? ? (blog-blog anda lambat)

Bagi para blogger yang pernah merasakan lambatnya proses loading dari blog saya ini waktu masih menggunakan layout versi pertama pasti bisa membedakan kecepatan akses dibandingkan dengan blog yang sudah menggunakan versi kedua ini (layout sekarang). Jadi dari situlah saya membuktikan tips-tips yang akan saya berikan ini. Dan untuk para blogger yang baru pertama kali ini datang ke blog saya (blog sudah menggunakan versi kedua), saya mohon maaf karena tidak dapat menunjukkan bagaimana layout yang versi pertama.

Bicara tentang kecepatan akses suatu site / blog pasti anda sudah berpikir tentang performance dari server yang menyediakan. Ya!, itu sangat benar sekali karena performance suatu site / blog bergantung dari performance suatu server yang digunakan oleh site / blog tersebut. Tetapi, saya tekankan disini, karena kita menggunakan layanan yang disediakan oleh website lain maka sudah pasti kita tidak bisa memodifikasi konfigurasi dari server tersebut dengan kata lain tidak bisa melakukan setup terhadap server tersebut. Oleh sebab itu, kita harus dan hanya bisa memodifikasi script / kode dari site / blog kita dan bagaimana caranya meminimalkan waktu yang dibutuhkan untuk dapat menampilkan keseluruhan isi site / blog.

Untuk memperkecil / meminimalisasi proses loading / akses sebenarnya sebagian sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya yang berjudul “Mengubah Layout / Tampilan Default Blogspot (bagian II)“. Beberapa tips untuk meminimalisasi proses loading / akses adalah sebagai berikut:

  1. Mengurangi jumlah penggunaan gambar. Penggunaan gambar akan sangat mempengaruhi kecepatan akses dari suatu site / blog, hal ini dikarenakan kapasitas untuk satu file saja bisa mencapai beberapa kilobyte(Kb) dan bisa perhitungkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendownload 1 file gambar saja. Dan hal yang paling penting dan perlu untuk diperhatikan dari penggunaan gambar ini adalah kurang dapat menginformasikan apa yang ingin kita sampaikan kepada pengunjung oleh karena itu sebaiknya penggunaan gambar dikurangi atau bahkan kalau bisa ditiadakan.
  2. Mengelompokkan dan memisahkan bagian-bagian isi menjadi perhalaman. Hal ini sangat penting karena tips yang kedua ini bermaksud agar halaman utama atau yang biasa disebut dengan halaman index tidak langsung menampilkan keseluruhan isi dari site / blog sehingga jika pada saat pengunjung mengakses halaman index dari site / blog kita tidak membutuhkan waktu yang lama.
  3. Dan yang terakhir dan kiranya perlu untuk diperhatikan adalah bagian dari pernak-pernik atau item-item pendukung seperti LinkList, Profile, ShoutBox, dll sebaiknya disembunyikan dalam list menu. Ini berarti item-item tersebut menjadi submenu dari menu diatasnya. Entah berapa persentase pengurangannya tapi yang pasti ini akan sangat mempengaruhi kerja dari browser sehingga browser tidak perlu langsung menampilkan atau bahkan mungkin tidak diprioritaskan oleh browser itu sendiri. Untuk menyembunyikan item-item tersebut sama halnya dengan menyembunyikan navbar yang sudah saya jelaskan pada artikel “Menghilangkan Navbar dari Blogspot“.

Sekian dulu tips dari saya mengenai kecepatan akses suatu site / blog ini. Jika ada kesalahan dan kekurangan dari artikel ini mohon berikan saran dan kritiknya melalui komentar dan jika ada kata-kata ataupun kalimat yang salah saya mohon maaf dan harap dimaklumi. Jangan lupa komentarnya untuk koreksi dan agar saya bisa tahu siapa saja yang sudah membaca artikel ini, selain itu agar saya bisa berkunjung balik ke site / blog anda. Terima kasih!.